Jumat, 04 Oktober 2013

Minggu ke 2 segmentasi pasar dan analisis demografi

Minggu ke 2 segmentasi pasar dan analisis demografi A. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. kepuasan konsumen keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung untuk membeli kembali produk dan menggunakan kembali jasa pada saat kebutuhan yang sama muncul kembali dikemudian hari. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusahaan. B. segmentasi bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar. Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Profitabilitas suatu perusahaan menunjukkan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut. Dengan kata lain, profitabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk mencapai laba. C. suatu perusahaan memerlukan strategi. Strategi inilah yang kemudian dinamai sebagai strategi perusahaan. Strategi perusahaan dapat didefinisikan sebagai formula unik yang dibuat untuk mencapai kesuksesan. Strategi tersebut menjadi pondasi bagi pembuatan rencana bisnis dan menentukan pengambilan kebijakan serta pengelolaan bisnis sehari-hari. Strategi ini bukanlah sebuah pembatasan bisnis dan ringkasan dari pasar yang relevan tetapi lebih sebagai penjelasan atas salah satu atau beberapa faktor penentu yang membedakan perusahaan yang bersangkutan dari para pesaingnya serta yang paling diharapkan untuk memberikan sumbangan untuk pencapaian keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Agar bisa lebih efektif, strategi perusahaan seharusnya tidak melebihi satu halaman kertas buku tulis. Intinya, jadikan strategi perusahaan sebagai rangkaian kata yang mudah diingat sehingga lebih mudah disampaikan kepada seluruh jajaran staf. Panjangnya relatif, tetapi bagi sebagian besar usaha, satu kalimat saja sudah cukup untuk menjadi sebuah strategi bisnis. Dengan sifatnya yang mudah disampaikan/ dikomunikasikan kepada orang lain, akan tercapai fokus bisnis kohesif yang selalu terjaga. SEJARAH ORGANISASI DAN ANALISIS SISTEM Dalambabiniakandiuraikanmengenaisejarahperkembanganperusahaan, siistem yang sedangberjalan, analisismasalahdarisistem yangsedangberjalan, dan solusipemecahanmasalahdisertairancanganaplikasipemecahanmasalah. Sejarah Perusahaan PT. INDOMOBIL SUKSES INTERNASIONAL Tbk (Perseroan) merupakan suatukelompokusahaterpadudenganmenerapkankonseplayanansatuatap yang memilikibeberapaanakperusahaan yang bergerak di bidangotomotif yang terkemuka di Indonesia. Perseroan didirikanpadatahun 1976 dengannama“PT. IndomobilInvestment Corporation”, danpadatahun 1997 dilakukanpenggabunganusaha(merger)dengan PT. Indomulti IntiIndustriTbk. Sejaksaatitulah status Perseroan berubahmenjadiperusahaanterbukadengannamaPT. IndomobilSuksesInternasionalTbk, dengankantorpusatnya di WismaIndomobil I,lantai 6, Jl. MT. HaryonoKav 8, Jakarta Timur – 13330.Bidangusahautama Perseroan dananakperusahaanmeliputi : 1. Pemeganglisensimerek 2. Distributor penjualankendaraan 3. Layananpurnajual 4. Perakitankendaraan 5. Produsenkomponenotomotif 6. Distributor spare part Selainituuntukmembantukonsumendalammemenuhikebutuhankendaraannya, Perseroan dananakperusahaanjugamenawarkanlayananjasapembiayaankendaraanbermotor, distributor minyakpelumassertakelompokusahapendukunglainnya.Semuaprodukdipersiapkanuntukmemenuhikebutuhandankepuasanpelanggandenganstandarkualitas yang dijaminolehperusahaan principal sertadidukungolehlayananpurnajualyang prima melaluijaringan – jaringan 3S ( Sales, Service, danSpareparts) yang tersebardi seluruh Indonesia.Perseroan mengelolamerek-merekterkenaldenganreputasiInternasional yangmeliputi : 1. Audi 10. renault 2. Chery 11. sangyong 3. Foton 12. suzuki 4. Great Wall 13. volkswagen 5. Hino 14. volvo 6. Kalmar 15. Volvo truck 7. Liugong 16. Mack truck 8. Manitou 9. Nissan Aneka ragamproduknya pun bermacam-macam yang mencakupkendaraanrodaempatdandua, kendaraanniaga, kendaraanserbaguna, trukdanbis,trukalatberat,kendaraanangkutanumumdanalatangkutbebanlainnya. Dalammengembangkan usahanya, Perseroan danAnak Perusahaanmenjalinkerjasamadenganmitralokal maupunasing yang mempunyaireputasiinternasionaldanberpengalamandalambidangnya. Saham Perseroan tercatatdan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Surabaya.Dalamrangkamenghadapi era globalisasi, Perseroan danAnak Perusahaanberupayauntukmemperkuatkualitassumberdayamanusia yang dimilikidenganmemberikanpendidikandanpelatihankepadakaryawansecaraberkesinambungan.Sebagaisalahsatuperwujudannya Perseroan mengembangkan Indomobil StrategicSales Optimizing Program (ISSOP). Program inimerupakankombinasiantara trainingatau seminar yang disertaitantangansertapengakuandanperayaanataskeberhasilanyang telahdilakukan.Untukmeningkatkankomunikasiantaramanajemendankaryawankearahtercapainyatujuan, Perseroan danAnak Perusahaan secararutinmengadakansosialisasiatassetiap program kerja yang ditetapkan.Sinergidari4.974 karyawantetap yang tersebardiseluruhanakperusahaan diIndonesia telahmampumenopang Perseroan menjadisalahsatuperusahaan di bidangotomotif yang terkemuka. Hal inimerupakanhasilkerjakeras Perseroan dalammengembangkankemampuan, pengetahuan, keterampilan, danpemahamannilai-nilaiyang secaraterusmenerusdijalankanmelalui program pelatihanbaik yangdiselenggarakan di dalammaupun di luarPerseroan, program konseling, pelatihan,seminar, danpraktekkerjalapangan (on the job training). Pengembangankompetensi,jenjangkarir, dankompensasitelahmenjadisatuprioritaskegiatan Perseroan dantelahdikemasdalamsuatusistem yang dievaluasisecaraterusmenerus. VisidanMisi Perusahaan Visiutama PT. Indomobiladalahmenjadiperusahaanotomotifterhandaldanterpercayadi dalamnegerisertamenanganiberbagaisektorpenting yang berkaitandenganotomotif. Misiutamadari PT. Indomobilyaitu : Mengembangkanseluruhsumberdaya yang dimilikisecaraberkesinambunganuntukmeningkatkanprofesionalismebagikepuasanpelanggan.MemberikankonstribusidanberupayasepenuhnyabagipengembanganusahaPerseroan.Memberikankomitmendannilaiterbaikbagiseluruhpihakterkait yangberkepentingandenganmemperhati kankepentinganmasyarakat. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar http://www.kajianpustaka.com/2013/04/pengertian-faktor-pengukuran-kepuasan-konsumen.html#ix http://lakubgt.com/rahasia-strategi-perusahaan-untuk-entrepreneur-pemula zz2glBwYhEc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar