Minggu ke 2 segmentasi pasar dan analisis demografi
A. Segmentasi pasar adalah kegiatan
membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai
proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk,
menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
kepuasan
konsumen keinginan setiap perusahaan. Selain
faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen
dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Konsumen yang puas terhadap
produk dan jasa pelayanan cenderung untuk membeli kembali produk dan
menggunakan kembali jasa pada saat kebutuhan yang sama muncul kembali
dikemudian hari. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen
dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume
penjualan perusahaan.
B. segmentasi bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar. Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran.
Profitabilitas suatu
perusahaan menunjukkan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang
menghasilkan laba tersebut. Dengan kata lain, profitabilitas adalah kemampuan
suatu perusahaan untuk mencapai laba.
Agar bisa lebih efektif, strategi perusahaan seharusnya tidak melebihi satu halaman kertas buku tulis. Intinya, jadikan strategi perusahaan sebagai rangkaian kata yang mudah diingat sehingga lebih mudah disampaikan kepada seluruh jajaran staf. Panjangnya relatif, tetapi bagi sebagian besar usaha, satu kalimat saja sudah cukup untuk menjadi sebuah strategi bisnis. Dengan sifatnya yang mudah disampaikan/ dikomunikasikan kepada orang lain, akan tercapai fokus bisnis kohesif yang selalu terjaga.
SEJARAH
ORGANISASI DAN ANALISIS SISTEM
Dalambabiniakandiuraikanmengenaisejarahperkembanganperusahaan,
siistem yang
sedangberjalan, analisismasalahdarisistem yangsedangberjalan, dan
solusipemecahanmasalahdisertairancanganaplikasipemecahanmasalah.
Sejarah
Perusahaan
PT. INDOMOBIL SUKSES INTERNASIONAL Tbk
(Perseroan) merupakan
suatukelompokusahaterpadudenganmenerapkankonseplayanansatuatap
yang
memilikibeberapaanakperusahaan
yang bergerak di bidangotomotif yang terkemuka
di Indonesia.
Perseroan didirikanpadatahun 1976 dengannama“PT. IndomobilInvestment
Corporation”, danpadatahun 1997 dilakukanpenggabunganusaha(merger)dengan PT.
Indomulti IntiIndustriTbk. Sejaksaatitulah status Perseroan
berubahmenjadiperusahaanterbukadengannamaPT. IndomobilSuksesInternasionalTbk,
dengankantorpusatnya
di WismaIndomobil I,lantai 6, Jl. MT. HaryonoKav 8, Jakarta
Timur –
13330.Bidangusahautama Perseroan dananakperusahaanmeliputi :
1.
Pemeganglisensimerek
2.
Distributor penjualankendaraan
3.
Layananpurnajual
4.
Perakitankendaraan
5.
Produsenkomponenotomotif
Selainituuntukmembantukonsumendalammemenuhikebutuhankendaraannya,
Perseroan dananakperusahaanjugamenawarkanlayananjasapembiayaankendaraanbermotor,
distributor minyakpelumassertakelompokusahapendukunglainnya.Semuaprodukdipersiapkanuntukmemenuhikebutuhandankepuasanpelanggandenganstandarkualitas
yang dijaminolehperusahaan principal sertadidukungolehlayananpurnajualyang
prima melaluijaringan – jaringan 3S ( Sales, Service, danSpareparts) yang
tersebardi seluruh Indonesia.Perseroan
mengelolamerek-merekterkenaldenganreputasiInternasional yangmeliputi :
1.
Audi 10.
renault
2.
Chery 11.
sangyong
3.
Foton 12.
suzuki
4.
Great Wall 13.
volkswagen
5.
Hino 14.
volvo
6.
Kalmar 15.
Volvo truck
7.
Liugong 16.
Mack truck
8.
Manitou
9.
Nissan
Aneka ragamproduknya pun bermacam-macam yang
mencakupkendaraanrodaempatdandua, kendaraanniaga, kendaraanserbaguna,
trukdanbis,trukalatberat,kendaraanangkutanumumdanalatangkutbebanlainnya.
Dalammengembangkan
usahanya,
Perseroan danAnak Perusahaanmenjalinkerjasamadenganmitralokal
maupunasing
yang mempunyaireputasiinternasionaldanberpengalamandalambidangnya.
Saham Perseroan tercatatdan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta dan
Bursa
Surabaya.Dalamrangkamenghadapi era globalisasi, Perseroan danAnak Perusahaanberupayauntukmemperkuatkualitassumberdayamanusia
yang dimilikidenganmemberikanpendidikandanpelatihankepadakaryawansecaraberkesinambungan.Sebagaisalahsatuperwujudannya
Perseroan mengembangkan
Indomobil
StrategicSales Optimizing Program (ISSOP).
Program inimerupakankombinasiantara
trainingatau seminar yang
disertaitantangansertapengakuandanperayaanataskeberhasilanyang
telahdilakukan.Untukmeningkatkankomunikasiantaramanajemendankaryawankearahtercapainyatujuan,
Perseroan danAnak Perusahaan secararutinmengadakansosialisasiatassetiap program
kerja yang ditetapkan.Sinergidari4.974 karyawantetap yang
tersebardiseluruhanakperusahaan diIndonesia telahmampumenopang Perseroan
menjadisalahsatuperusahaan di bidangotomotif yang terkemuka. Hal
inimerupakanhasilkerjakeras Perseroan dalammengembangkankemampuan, pengetahuan,
keterampilan, danpemahamannilai-nilaiyang secaraterusmenerusdijalankanmelalui
program pelatihanbaik yangdiselenggarakan di dalammaupun di luarPerseroan,
program konseling, pelatihan,seminar, danpraktekkerjalapangan (on the job
training).
Pengembangankompetensi,jenjangkarir,
dankompensasitelahmenjadisatuprioritaskegiatan
Perseroan
dantelahdikemasdalamsuatusistem yang dievaluasisecaraterusmenerus.
VisidanMisi
Perusahaan
Visiutama PT. Indomobiladalahmenjadiperusahaanotomotifterhandaldanterpercayadi
dalamnegerisertamenanganiberbagaisektorpenting yang berkaitandenganotomotif.
Misiutamadari
PT. Indomobilyaitu :
Mengembangkanseluruhsumberdaya yang
dimilikisecaraberkesinambunganuntukmeningkatkanprofesionalismebagikepuasanpelanggan.MemberikankonstribusidanberupayasepenuhnyabagipengembanganusahaPerseroan.Memberikankomitmendannilaiterbaikbagiseluruhpihakterkait
yangberkepentingandenganmemperhati
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar