Sabtu, 05 Oktober 2013

minggu 1 pendahuluan : perilaku konsumen



1.      Perilaku konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen
Perilaku konsumen
         adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
         Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa.
 Konsumen di asumsikan memiliki informasi atau pengetahuan yang sempurna berkaitan dengan keputusan konsumsinya. Mereka tahu persis kualitas barang, kapasitas produksi,  teknologi yang digunakan dan harga barang di pasar. Mereka mampu memprediksi jumlah penerimaan untuk suatu periode konsumsi.
Konsumen dari segi wujudnya dibagi menjadi dua yaitu :
1.      Personal Consumer yaitu Konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2.      Organizational Consumer yaitu Konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

Pendekatan perilaku konsumen terbagi dua yaitu:
·         Teori Kardinal ( Cardinal Theory)
Teori Kardinal menyatakan bahwa kegunaan dapat dihitung secara nominal, sebagaimana kita menghitung berat dengan gram atau kilogram, panjang dengan centimeter atau meter. Sedangkan satuan ukuran kegunaan (utility) adalah util. Keputusan untuk mengkonsumsi suatu barang berdasarkan perbandingan antara manfaat yang diperoleh dengan biaya yang harus dikeluarkan.
·         Teori Ordinal ( Ordinal Theory )
- Kurva Indiferensi ( Indiference Curve )
Menurut Teori Ordinal, kegunaan tidak dapat dihitung tetapi hanya dapat dibandingkan, sebagaimana kita menilai kecantikan atau kepandaian seseorang. Untuk menjelaskan pendapatnya, Teori Ordinal menggunakan kurva indiferensi (indiferensi curve). Kurvain diferensi adalah kurva yang menunjukkan berbagai kombinasi konsumsi dua macam barang yang memberik tingkat kepuasan yang sama bagi seorang konsumen.

       2. dapat menunjukan dengan benar siapa sebenarnya yang di maksud dengan konsumen dan apa yang menjadi ciri ciri konsumen
Konsumen mengambil banyak macam keputusan membeli setiap hari. Kebanyakan perusahaan besar meneliti keputusan membeli konsumen secara amat rinci untuk menjawab pertanyaan mengenai apa yang dibeli konsumen, dimana mereka membeli, bagaimana dan berapa banyak mereka membeli, serta mengapa mereka membeli.
Pertanyaan sentral bagi pemasar: Bagaimana konsumen memberikan respon terhadap berbagai usaha pemasaran yang dilancarkan perusahaan? Perusahaan benar-benar  memahami bagaimana konsumen akan memberi respon terhadap sifat-sifat produk, harga dan daya tarik iklan yang berbeda mempunyai keunggulan besar atas pesaing


      3.  Menjelaskan kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen
Konsumen mempunyai dua tempat untuk membeli di toko atau  melalui format perdagangan eceran bukan toko . toko toko bertanggung jawab atas sebagian besar penjualan , dan oleh karena itulah bab ini berfokus pada toko . biasanya istilah perdagngan eceran merujuk pada ‘’perdagangan  eceran di toko” karena dominasi toko atas perdagangan eceran ‘bukan toko”. jadi , ketika bicara tentang perdagangan eceran , kita biasanya merujuk pada penjualan di dalam toko walaupun istilah  perdagangan eceran sebenarnya mencakupi semua bentuk penjualan kepada konsumen untuk mereka pakai

sumber :
perilaku konsumen edisi keenam jilid 2  : james f. angel wheaton college , roger d. blackwell the ohio state university  binarupa aksara , 1995 hal 223   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar