1. Perilaku konsumen dan cakupan ilmu
perilaku konsumen
Perilaku
konsumen
adalah proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian
produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan
hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Konsumen adalah seseorang yang
menggunakan barang atau jasa.
Konsumen di asumsikan memiliki informasi atau pengetahuan
yang sempurna berkaitan dengan keputusan konsumsinya. Mereka tahu persis kualitas
barang, kapasitas produksi, teknologi
yang digunakan dan harga barang di pasar. Mereka mampu memprediksi jumlah penerimaan
untuk suatu periode konsumsi.
Konsumen
dari segi wujudnya dibagi menjadi dua yaitu :
1. Personal Consumer yaitu Konsumen ini
membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer yaitu Konsumen
ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan
organisasi tersebut.
Pendekatan
perilaku konsumen terbagi dua yaitu:
Teori
Kardinal menyatakan bahwa kegunaan dapat dihitung secara nominal, sebagaimana kita
menghitung berat dengan gram atau kilogram, panjang dengan centimeter atau
meter. Sedangkan satuan ukuran kegunaan (utility) adalah util. Keputusan untuk mengkonsumsi
suatu barang berdasarkan perbandingan antara manfaat yang diperoleh dengan biaya
yang harus dikeluarkan.
·
Teori
Ordinal ( Ordinal Theory )
-
Kurva Indiferensi ( Indiference Curve )
Menurut
Teori Ordinal, kegunaan tidak dapat dihitung tetapi hanya dapat dibandingkan,
sebagaimana kita menilai kecantikan atau kepandaian seseorang. Untuk menjelaskan
pendapatnya, Teori Ordinal menggunakan kurva indiferensi (indiferensi curve). Kurvain
diferensi adalah kurva yang menunjukkan berbagai kombinasi konsumsi dua macam
barang yang memberik tingkat kepuasan yang sama bagi seorang konsumen.
2. dapat menunjukan dengan benar siapa sebenarnya
yang di maksud dengan konsumen dan apa yang menjadi ciri ciri konsumen
Konsumen
mengambil banyak macam keputusan membeli setiap hari. Kebanyakan perusahaan besar
meneliti keputusan membeli konsumen secara amat rinci untuk menjawab pertanyaan
mengenai apa yang dibeli konsumen, dimana mereka membeli, bagaimana dan berapa banyak
mereka membeli, serta mengapa mereka membeli.
Pertanyaan
sentral bagi pemasar: Bagaimana konsumen memberikan respon terhadap berbagai usaha
pemasaran yang dilancarkan perusahaan? Perusahaan benar-benar memahami bagaimana konsumen akan memberi respon
terhadap sifat-sifat produk, harga dan daya tarik iklan yang berbeda mempunyai keunggulan
besar atas pesaing
3.
Menjelaskan kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang
konsumen
Konsumen
mempunyai dua tempat untuk membeli di toko atau
melalui format perdagangan eceran bukan toko . toko toko bertanggung
jawab atas sebagian besar penjualan , dan oleh karena itulah bab ini berfokus
pada toko . biasanya istilah perdagngan eceran merujuk pada ‘’perdagangan eceran di toko” karena dominasi toko atas
perdagangan eceran ‘bukan toko”. jadi , ketika bicara tentang perdagangan
eceran , kita biasanya merujuk pada penjualan di dalam toko walaupun
istilah perdagangan eceran sebenarnya
mencakupi semua bentuk penjualan kepada konsumen untuk mereka pakai
sumber :
perilaku konsumen edisi keenam jilid 2 : james f. angel wheaton college , roger d.
blackwell the ohio state university
binarupa aksara , 1995 hal 223
Tidak ada komentar:
Posting Komentar