Kamis, 26 Maret 2015

CONDITIONAL SENTENSE



Conditional sentense
Ada beberapa struktur kalimat dalam bahasa Inggris yang disebut “conditionals”. “Condition” berarti “situasi atau keadaan”. Jika sebuah kejadian tertentu benar, maka sebuah hasil tertentu akan terjadi.
If y= 10 then 2y=20
If y=3 then 2y=6.
Ada tiga jenis struktur conditionals dasar yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Ada beberapa jenis lainnya yang jarang digunakan. Dalam bahasan kali ini, kita akan belajar mengenai tiga jenis dasar itu:
1.     IF CLAUSE TYPE 1
If + S +Present Tense, S + Future tense
Contoh :
  • If I have money, I will buy that book.
(Jika saya mempunyai uang, saya akan beli buku itu).
  • If You come to my house, I will cook special food.
(Jika kamu datang ke rumah saya, saya akan memasak makanan special).
Kalimat pengandaian pada tipe ini mengacu pada masa depan. Suatu tindakan di masa depan akan terjadi jika kondisi pada saat itu terpenuhi. Kita tidak tahu pasti apakah kondisi itu akan terjadi atau tidak, namun kemungkinan suatu hal itu terjadi sangatlah besar atau dapat dikatakan suatu kenyataan dapat diprediksi.
2.     IF CLAUSE TYPE 2
If + S + Past Tense, S + Past Future Tense
Contoh :
  • If I were you, I would come to that party.
(Jika saya jadi kamu, saya akan datang ke pesta itu).
  • If she came on time, She would get that ticket.
(Jika dia datang tepat waktu, dia akan mendapatkan tiket itu).
Tipe ini digunakan untuk membicarakan di masa kini dan masa depan. Tentang sesuatu yang tidak mungkin terjadi atau ada kemungkinan terjadi, tapi kita tidak bisa memastikannya.
3.     IF CLAUSE TYPE 3
If + S + Past Perfect Tense, S + Future Past Perfect Tense
                Contoh :
  • If he had driven carefully, he would have not got accident.
(Jika dia menyetir dengan hati-hati, dia tidak akan mengalami kecelakaan).
  • If my mother had permitted me to go, I would have attended that event.
(Jika ibu saya mengijinkan saya untuk pergi, saya akan menghadiri acara itu).
Pada kalimat di atas menggambarkan tentang situasi di masa lalu. Pada pola ini menyatakan tentang suatu penyesalan di masa lalu yang karena peristiwa yang tidak mungkin diulangi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar